RajaKomen

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

3 Jun 2020  |  745x | Ditulis oleh : Agus FZ
Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Sulit tidur nyenyak dan hampir selalu terjaga dimalam hari? Mungkin kamu mengalami insomnia alias gangguan tidur. Padahal jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin gangguan ini akan membuat kamu benar-benar mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental, hingga menghambat aktivitas esok hari. Tentu kamu tak ingin bukan mengandalkan obat tidur sebagai cara mengatasi insomnia?

Belum lagi sifat obat tidur yang cukup keras dan harus menggunakan resep dari dokter. Jika terus menerus mengonsumsinya, kamu bisa tidur tapi beresiko mengalami gangguan penyakit lain bukan? Padahal, ada beberapa cara alami yang cukup efektif loh untuk mengatasi gangguan tidur. Dan pastinya cara ini sangat baik untuk bagi kesehatan. Nah, ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur? Perhatikan cara alami dan sederhana di bawah ini!

Cara Efektif yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Insomnia

Berikut ini ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Membaca Buku

Pernahkah ketika sedang membaca buku tiba-tiba merasa mengantuk dan tertidur? Membaca buku memang bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukannya sebelum tidur agar kamu mudah terlelap.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya mandilah menggunakan air hangat sebelum beranjak tidur. Tujuannya adalah membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Jika ingin lebih menenangkan, tambahkan wewangian sebagai aroma terapi.

3. Hindari Beraktifitas Di Kasur

Apakah sehari-hari kamu sering beraktifitas di atas kasur? Walaupun tidak  tidur, tapi beraktifitas di kasur akan membuat otak terbiasa berpikir tentang hal apa yang harus ia lakukan. Inilah penyebab mengapa sebisa mungkin kamu harus berusaha menjauhi kasur. Jadikan kasur hanya sebagai tempat istirahat dan tempat untuk tidur.

4. Lakukan Relaksasi

Kunci untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang. Maka sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang memicu relaksasi. Contohnya seperti melakukan meditasi, yoga, mindfulness, hingga melatih pernafasan. Langkah tersebut cukup efektif untuk dijadikan aktifitas dalam mengistirahatkan otak.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat juga merupakan cara mudah yang dapat dilakukan. Sebaiknya pilihlah susu murni yang mengandung magnesium dan efektif dalam merilekskan pikiran. Hindari juga minum susu tinggi gula yang justru memperburuk kesehatan.

6. Batasi Jam Makan Malam

Tahukah kamu bahwa makan malam dalam jumlah besar dan mendekati waktu tidur bisa menyebabkan insomnia? Maka dari itu, sebaiknya batasi jam makan malam kamu sekitar 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Karena tidur dalam keadaan kenyang bisa berakibat naiknya asam lambung. Tentunya hal ini akan membuat kamu mudah terbangun dimalam hari dan mengurangi kualitas tidur.

7. Jauhkan Segala Peralatan Elektronik

Masih sering menonton TV atau bermain handphone sebelum tidur? Mulai sekarang sebaiknya jauhkan aktifitas buruk tersebut. Karena suara dan cahaya yang dihasilkan peralatan tersebut, bisa merangsang otak menjadi lebih aktif. Bukannya mengantuk, justru otak akan lebih terjaga dan membuat kamu tidak bisa tidur.

Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi insomnia dimalam hari? Karena membiarkan terjaga saat malam secara terus-terusan bisa berakibat buruk loh. Oleh karenanya, segeralah atasi gangguan tidur dengan cara cara di atas. Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yakni hindari pemicu stres yang bisa mempengaruhi kualitas tidur. Nah, yuk segera coba cara tersebut dan dapatkan tidur yang lebih nyenyak!

Baca Juga:
SMPIT Al Masoem Bandung

8 Alasan Mengapa SMPIT adalah Pilihan Terbaik untuk Masa Depan Anak Anda

Kampus      

18 Jul 2023 | 142 Agus FZ


Masa depan anak adalah sebuah tanggung jawab yang harus dipertimbangkan secara serius oleh setiap orang tua. Memilih sekolah yang tepat untuk anak adalah salah satu keputusan terpenting ...

Ini Dia Cara Masak Carbonara Ala Chef Gordon Ramsay, 10 Menit Jadi

Ini Dia Cara Masak Carbonara Ala Chef Gordon Ramsay, 10 Menit Jadi

Kuliner      

17 Okt 2020 | 662 Kak Min


Aghil -  Memasak mi instan menjadi solusi cepat ketika kita merasa lapar. Hal ini karena memasak mi instan tidak butuh waktu lama untuk dimasak. Jika bosan dengan mi instan, tak ada ...

Bagaimana Sih Cara Menjadi Penjual dan Pembeli di Okebid Lelang Online

Bagaimana Sih Cara Menjadi Penjual dan Pembeli di Okebid Lelang Online

Tips      

18 Maret 2021 | 847 Agus FZ


Online auction atau lelang online saat ini mulai marak didunia maya dan banyak sekali yang melakukan Online Bid atau yang melakukan penawaran onlinenya pun banyak juga, artinya online ...

Resep Rawon Dapur Umami yang Gurih dan Segar Bikin Ketagihan

Resep Rawon Dapur Umami yang Gurih dan Segar Bikin Ketagihan

Kuliner      

23 Sep 2022 | 389 Agus FZ


Bagi anda yang hobi banget masak dan sedang mencari resep rawon yang sudah terbukti enak dan anti gagal, benar banget kalau anda sedang membaca artikel ini. Rawon sebagai salah satu warisan ...

Memilih Pasangan Idaman Sesuai Syariat Islam

Memilih Pasangan Idaman Sesuai Syariat Islam

Religi      

5 Jun 2023 | 4302 Agus FZ


Bismillah, pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas terkait cara memilih pasangan dalam islam. Semoga dengan pembahasan ini, kita semua bisa mengamalkannya dalam memilih pasangan ...

Mau Awet Muda dan Kulit Bercahaya, Yuk Simak Disini

Mau Awet Muda dan Kulit Bercahaya, Yuk Simak Disini

Tips      

6 Jan 2021 | 759 Agus FZ


Wajah adalah bagian tubuh yang paling utama yang pertama kali dilihat oleh orang dari diri kita saat pertama kali bertemu. Maka dari itu merawat wajah menjadi hal yang sangat penting ...