RajaKomen

Al-qur’an dan Sains Menjelaskan Peristiwa Mengerikan Akan Terjadi Sebelum Hari Kiamat

16 Maret 2022  |  540x | Ditulis oleh : Agus FZ
Al-qur’an dan Sains Menjelaskan Peristiwa Mengerikan Akan Terjadi Sebelum Hari Kiamat

Potensi alam semesta ini berakhir akan sangat mungkin terjadi bila ditinjau dari sisi sains. Berdasarkan Al-qur’an, ini disebut sebagai kiamat.

Dalam buku Tafsir Ilmi “Kiamat dalam perspektif Al-qur’an dan Sains” yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-qur’an, Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan mengenai keadaan Bumi pada hari Kiamat.

Ada tanda-tanda yang bisa diamati oleh mata manusia sebelum terjadinya kiamat. Ilmuwan bahkan telah mengemukakan skema-skema yang terjadi seperti Bumi bertabrakan dengan planet lain atau hantaman asteroid dan sebagainya.

Apapun skema atau teori yang diungkap ilmuwan, terdapat kekacauan besar yang akan dialami oleh Bumi. Salah satunya ialah guncangan yang dahsyat yang terjadi di Bumi. Allah SWT berfirman:

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,” (QS Az-Zalzalah: 1-2)

Kata az-Zalzalah (guncangan yang dahsyat) adalah ism masdar (bentuk kata benda) dari zalzala – yuzalzilu – zalzalatan, yang mengguncangkan. Dengan demikian, az-zalzalah berarti guncangan.

Karena penyebutannya dalam Surah az-Zalzalah diikuti oleh maf’ul mutlaq, maka kata ini dimaknai sebagai guncangan hebat yang terjadi di seluruh penjuru Bumi.

Dalam Al-qur’an, kata ini dengan semua bentuk jadiannya disebut sebanyak 6 kali, dua kali di antaranya disebut dalam Surah az-Zalzalah ayat 1.

Ayat ini menerangkan bahwa peristiwa kiamat diawali dengan guncangan yang dahsyat yang meliputi seluruh Bumi. Fenomena gempa ini berbeda dengan yang selama ini terjadi, hanya bersifat lokal dan tidak menyeluruh ke seantero Bumi.

Peristiwa ini menjadi penanda yang mengingatkan manusia bahwa akhir kehidupan dunia telah datang, yang diikuti kemudian oleh kehidupan akhirat.

Sebagian ulama membagi kiamat menjadi dua, yaitu kiamat besar (al-qiyamah al-kubra) dan kiamat kecil (al-qiyamah as-sugra).

Dalam pengertiannya sebagai kiamat besar, kedatangan kiamat adalah niscaya. Saatnya pasti akan tiba dan tidak ada keraguan tentang kedatangannya. Allah SWT berfirman:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

“Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya, dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur,” (QS Al-Hajj: 7)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa kiamat (as-sa’ah) pasti akan terjadi. Saat itu semua yang ada di alam raya akan hancur, rusak dan binasa. Tidak ada satu pun yang tetap utuh.

Sementara kiamat kecil ialah peristiwa kematian manusia secara individual. Ketika seseorang meninggal, saat itu dapat dikatakan bahwa dia telah mengalami kiamat kecil dan semua makhluk hidup pasti akan mengalami kematian.

Sebagian pakar berpendapat bahwa kiamat kecil tidak hanya menimpa manusia, tetapi juga benda-benda di alam raya. Kehancuran berskala kecil seperti gempa Bumi, gunung meletus, banjir dan lainnya juga termasuk kiamat kecil.

Yang demikian karena peristiwa ini menimbulkan kerusakan di lokasi kejadian. Kiamat kecil seperti ini adakalanya terjadi karena faktor alamiah yang tidak dapat dihindarkan atau karena perbuatan manusia.

 

Baca Juga:
Betapa Istighfar Membuat Hidup Tenang

Betapa Istighfar Membuat Hidup Tenang

Religi      

19 Agu 2020 | 771 Agus FZ


Istighfar yang artinya adalah ampunan, memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dosa-dosa kita diampuni dan ditutupi oleh Allah. Sebagai hambaNYA, kita sebagai manusia yang ...

Bau Amis Ayam Mengganggu? Ini Cara Hilangkannya

Bau Amis Ayam Mengganggu? Ini Cara Hilangkannya

Kuliner      

22 Mei 2020 | 738 Kak Min


Saat lebaran tiba, makanan lezat menjadi sebuah bentuk perayaan bagi kita. Selain daging sapi, biasanya daging ayam juga jadi pilihan hidangan yang disajikan. Pada saat membuat hidangan ...

Gara-Gara Corona, Masyarakat Jerman Gunakan Baling-Baling Bambu untuk Masuk Cafe

Gara-Gara Corona, Masyarakat Jerman Gunakan Baling-Baling Bambu untuk Masuk Cafe

Mancanegara      

17 Mei 2020 | 837 Kak Min


Dengan adanya virus Corona, kita dianjurkan untuk menjaga jarak dari orang-orang. Istilahnya yakni social distancing atau physical distancing.  Hal ini dilakukan untuk ...

Merasa Rejeki Seret, Perbanyaklah Istighfar!

Merasa Rejeki Seret, Perbanyaklah Istighfar!

Religi      

13 Maret 2023 | 250 Agus FZ


Keajaiban Istighfar Perbanyaklah istighfar, karena istighfar antara lain membuat jiwa teteram, badan sehat, terjaga dari fitnah dan rezeki lancar. Ingin pikiran tenang, hati lapang, ...

Inovasi Terbaru dalam Pendingin Ruangan AC Polytron Deluxe 2 Menjadikan Kehidupan Anda Lebih Nyaman

Inovasi Terbaru dalam Pendingin Ruangan AC Polytron Deluxe 2 Menjadikan Kehidupan Anda Lebih Nyaman

Lifestyle      

17 Agu 2023 | 508 Agus FZ


Apakah Anda merasa sudah bosan dengan pendingin ruangan yang lama, yang tidak lagi memberikan kenyamanan maksimal? Tenang saja, karena Polytron hadir dengan inovasi terbaru yang akan ...

Jangan Terlalu Sering Makan Mie Instan Awas Bahaya Mengintai

Jangan Terlalu Sering Makan Mie Instan Awas Bahaya Mengintai

Kesehatan      

6 Apr 2021 | 818 Agus FZ


Mie instan termasuk salah satu makanan yang tak asing bagi masyarakat, karena memasaknya cepet rasanya pun bervariasi. Makanan yang berbahan dasar tepung dan campuran bumbu ini sangat ...