rajatraffic

Manfaat Eucalyptus, Tanaman yang 'Katanya' Jadi Antivirus Covid-19

23 Mei 2020  |  53x | Ditulis oleh : Kak Min
Manfaat Eucalyptus, Tanaman yang 'Katanya' Jadi Antivirus Covid-19

Jika dilihat pada data saat ini, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Namun, kasus positif pun masih bertambah setiap harinya. Selain penerapan PSBB untuk memutus penyebaran virus Corona, para peneliti juga terus melakukan penelitian mengenai obat atau vaksin yang dapat mengatasi virus ini.

Salah satu penelitian ini dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Mereka telah menguji berbagai tumbuhan yang dapat berpotensi sebagai antivirus dari Corona ini. Mereka mengklaim, bahwa eucalyptus atau sering dikenal sebagai minyak kayu putih merupakan tumbuhan yang paling efektif untuk menangkal virus Covid-19. 

Senyawa yang terkandung didalamnya, yakni eucalyptol diyakini dapat menghancurkan Mpro atau enzim dalam virus Covid-19, sehingga mampu menghambat proses replikasi virus.

Sebelum viral sebagai antivirus Covid-19, ternyata minyak kayu putih ini juga dikenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaat. Dikutip dari laman merdeka, berikut selengkapnya.

Tinggi Antioksidan

Daun eucalyptus dapat diolah menjadi teh yang kaya akan antioksidan. Flavonoid yang ada didalamnya mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, teh eucalyptus juga dipercaya mampu menurunkan risiko kanker, jantung hingga kepikunan.

Meredakan Gejala Pilek

Eucalyptus merupakan bahan umum yang terdapat pada berbagai produk pereda batuk dan pilek. Baik itu balsam ataupun inhaler. Memang tanaman ini dikenal sebagai obat alami bagi flu.

Dikutip dari laman Healthline, senyawa Cineole yang terkandung dalam tanaman ini yang dapat mengurangi lendir serta melegakan pernapasan. Selain itu, senyawa eucalyptol dalam minyak esensial ini pun mampu mengurangi frekuensi batuk, hidung tersumbat dan sakit kepala. 

Mengurangi Stres

Dengan banyaknya berita negatif, tanpa sadar dapat membuat kita mengalami gejala stress. Mulai dari mood yang berubah tiba-tiba, merasa lelah, hingga kurang produktif saat bekerja. Minyak kayu putih dapat menjadi solusi untuk atasi hal tersebut.

Untuk relaksasi pikiran dan tubuh, ada beberapa cara untuk memanfaatkan eucalyptus. Mulai dari menghirup uapnya lewat diffuser, menghirup minyak kayu putih langsung dari botolnya, atau oleskan sedikit minyak atsiri pada pergelangan tangan, di telapak kaki dan ke pelipis yang memberikan efek menyegarkan pikiranmu.

Penolak Serangga Alami

Buat yang anti dengan obat kimia penolak nyamuk, eucalyptus dapat menjadi solusi alternatif dalam mengusir serangga, khususnya nyamuk. Menurut situs Healthline, minyak kayu putih efektif dalam menangkal nyamuk dan serangga lainnya hingga 8 jam setelah digunakan pada kulit.

Maka, tak heran apabila kita temukan eucalyptus sebagai salah satu bahan pada losion anti nyamuk. Semakin tinggi kandungan minyak kayu putih, maka semakin efektif dalam mengusir nyamuk dan serangga lainnnya.

Punya banyak khasiat buat kesehatan, termasuk digadang-gadang sebagai antivirus Covid-19, tidak ada salahnya memiliki minyak esensial eucalyptus ini di rumah.

Berita Terkait
Baca Juga:
Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur! Ini Dia Bahayanya

Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur! Ini Dia Bahayanya

Kesehatan      

30 Apr 2020 | 23 Kak Min


Banyak dari Kita memilih tidur kembali seusai shalat Subuh di bulan Ramadhan. Hal ini karena kita masih mengantuk karena kekurangan tidur akibat sahur. Akibat dari tidur setelah subuh ...

Artis Sensasional di Indonesia Yang Menjadi Trending Topik

Artis Sensasional di Indonesia Yang Menjadi Trending Topik

Nasional      

22 Mei 2020 | 59 Agus FZ


Saat ini, banyak artis Indonesia yang berusaha untuk mencari penghidupan baru dengan cara apapun. Semakin banyak rela naik figur menjadi artis sensasional di Indonesia. Saat berbicara bisa ...

Sering Minum Susu Sebelum Tidur? Ketahui Dampak Positif dan Negatifnya

Sering Minum Susu Sebelum Tidur? Ketahui Dampak Positif dan Negatifnya

Kesehatan      

23 Mei 2020 | 59 Kak Min


Bagi sebagian orang, minum susu sebelum tidur menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Hal ini dilakukan terutama pada orang-orang yang menginginkan untuk tumbuh lebih tinggi. Selain ...

Social Distancing, Taman di New York Sediakan Parkiran untuk Manusia

Social Distancing, Taman di New York Sediakan Parkiran untuk Manusia

Mancanegara      

22 Mei 2020 | 43 Kak Min


Berbagai cara unik dilakukan oleh pemerintah untuk menerapkan anjuran social distancing di tempat keramaian. Hal ini pula lah yang terjadi di taman-taman yang ada di Kota New York. Hal ini ...

4 Rekomendasi Drakor Untuk Tontonan Selama Dirumah Aja

4 Rekomendasi Drakor Untuk Tontonan Selama Dirumah Aja

Film      

23 Mei 2020 | 71 Kak Min


Proses social distancing dan karantina mandiri masih berjalan hingga saat ini. Mengingat masa karantina ini sudah cukup panjang, tentu bosan karena tak bisa kemana-mana selama masa pandemi ...

Mumpung Sedang di Rumah, Yuk Bersihkan Laptop Mu

Mumpung Sedang di Rumah, Yuk Bersihkan Laptop Mu

Tips      

30 Apr 2020 | 30 Kak Min


Ketika sedang pandemi seperti ini, bekerja dari rumah menjadi salah satu pilihan yang perlu dilakukan. Untuk bekerja dari rumah, salah satu perangkat penting yang digunakan adalah laptop. ...