MU

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

3 Jun 2020  |  237x | Ditulis oleh : Agus FZ
Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Sulit tidur nyenyak dan hampir selalu terjaga dimalam hari? Mungkin kamu mengalami insomnia alias gangguan tidur. Padahal jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin gangguan ini akan membuat kamu benar-benar mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental, hingga menghambat aktivitas esok hari. Tentu kamu tak ingin bukan mengandalkan obat tidur sebagai cara mengatasi insomnia?

Belum lagi sifat obat tidur yang cukup keras dan harus menggunakan resep dari dokter. Jika terus menerus mengonsumsinya, kamu bisa tidur tapi beresiko mengalami gangguan penyakit lain bukan? Padahal, ada beberapa cara alami yang cukup efektif loh untuk mengatasi gangguan tidur. Dan pastinya cara ini sangat baik untuk bagi kesehatan. Nah, ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur? Perhatikan cara alami dan sederhana di bawah ini!

Cara Efektif yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Insomnia

Berikut ini ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Membaca Buku

Pernahkah ketika sedang membaca buku tiba-tiba merasa mengantuk dan tertidur? Membaca buku memang bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukannya sebelum tidur agar kamu mudah terlelap.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya mandilah menggunakan air hangat sebelum beranjak tidur. Tujuannya adalah membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Jika ingin lebih menenangkan, tambahkan wewangian sebagai aroma terapi.

3. Hindari Beraktifitas Di Kasur

Apakah sehari-hari kamu sering beraktifitas di atas kasur? Walaupun tidak  tidur, tapi beraktifitas di kasur akan membuat otak terbiasa berpikir tentang hal apa yang harus ia lakukan. Inilah penyebab mengapa sebisa mungkin kamu harus berusaha menjauhi kasur. Jadikan kasur hanya sebagai tempat istirahat dan tempat untuk tidur.

4. Lakukan Relaksasi

Kunci untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang. Maka sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang memicu relaksasi. Contohnya seperti melakukan meditasi, yoga, mindfulness, hingga melatih pernafasan. Langkah tersebut cukup efektif untuk dijadikan aktifitas dalam mengistirahatkan otak.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat juga merupakan cara mudah yang dapat dilakukan. Sebaiknya pilihlah susu murni yang mengandung magnesium dan efektif dalam merilekskan pikiran. Hindari juga minum susu tinggi gula yang justru memperburuk kesehatan.

6. Batasi Jam Makan Malam

Tahukah kamu bahwa makan malam dalam jumlah besar dan mendekati waktu tidur bisa menyebabkan insomnia? Maka dari itu, sebaiknya batasi jam makan malam kamu sekitar 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Karena tidur dalam keadaan kenyang bisa berakibat naiknya asam lambung. Tentunya hal ini akan membuat kamu mudah terbangun dimalam hari dan mengurangi kualitas tidur.

7. Jauhkan Segala Peralatan Elektronik

Masih sering menonton TV atau bermain handphone sebelum tidur? Mulai sekarang sebaiknya jauhkan aktifitas buruk tersebut. Karena suara dan cahaya yang dihasilkan peralatan tersebut, bisa merangsang otak menjadi lebih aktif. Bukannya mengantuk, justru otak akan lebih terjaga dan membuat kamu tidak bisa tidur.

Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi insomnia dimalam hari? Karena membiarkan terjaga saat malam secara terus-terusan bisa berakibat buruk loh. Oleh karenanya, segeralah atasi gangguan tidur dengan cara cara di atas. Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yakni hindari pemicu stres yang bisa mempengaruhi kualitas tidur. Nah, yuk segera coba cara tersebut dan dapatkan tidur yang lebih nyenyak!

Baca Juga:
Sering Minum Susu Sebelum Tidur? Ketahui Dampak Positif dan Negatifnya

Sering Minum Susu Sebelum Tidur? Ketahui Dampak Positif dan Negatifnya

Kesehatan      

23 Mei 2020 | 246 Kak Min


Bagi sebagian orang, minum susu sebelum tidur menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Hal ini dilakukan terutama pada orang-orang yang menginginkan untuk tumbuh lebih tinggi. Selain ...

Bisnis Lancar Tagihan Mudah dengan Invoice Online Indonesia

Bisnis Lancar Tagihan Mudah dengan Invoice Online Indonesia

Tips      

29 Apr 2021 | 100 Agus FZ


Diera digital yang serba canggih dan cepat sekarang ini dan ditambah perkembangan internet yang begitu pesat membuat pekerjaan manusia semakin mudah dan ringan walaupun diluaran terjadi ...

Cara Mendapatkan Habbatussauda Kapsul yang Terlaris

Cara Mendapatkan Habbatussauda Kapsul yang Terlaris

Herbal      

14 Apr 2021 | 175 Agus FZ


Habbatussauda atau jintan hitam adalah sejenis rempah-rempah yang dipakai sebagai bahan jamu dan biasa digunakan untuk pengobatan secara herbal dan habbatussauda ini mampu mengobati ...

Belum Banyak Orang yang Tahu, Ini Manfaat Shalat Tarawih untuk Kesehatan

Belum Banyak Orang yang Tahu, Ini Manfaat Shalat Tarawih untuk Kesehatan

Kesehatan      

20 Mei 2020 | 214 Kak Min


Pada bulan Ramadhan terdapat shalat sunnah yang tak kita temukan di bulan-bulan lainnya. Shalat tersebut adalah Shalat Tarawih. Selain mendapatkan kebaikan dan pahala dari Allah SWT, ...

Jangan Langsung Makan Berat Saat Berbuka, Ini Waktu Idealnya

Jangan Langsung Makan Berat Saat Berbuka, Ini Waktu Idealnya

Kesehatan      

19 Mei 2020 | 207 Kak Min


Saat waktu berbuka puasa, tak sedikit dari kita yang langsung makan makanan berat dengan menggunakan nasi serta lauk pauknya. Entah itu karena rasa lapar yang sudah tak tertahankan ataupun ...

5 Inspirasi  Model Baju Lebaran Kekinian Namun Tetap Sopan

5 Inspirasi Model Baju Lebaran Kekinian Namun Tetap Sopan

Nasional      

11 Jun 2020 | 351 Agus FZ


Lebaran  Idul Adha akan datang nih siapkan hewan kurban dan baju lebaran, media sosial mulai akan dibanjiri dengan inspirasi model baju lebaran baik untuk kaum wanita ataupun ...