MU

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

3 Jun 2020  |  306x | Ditulis oleh : Agus FZ
Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Sulit tidur nyenyak dan hampir selalu terjaga dimalam hari? Mungkin kamu mengalami insomnia alias gangguan tidur. Padahal jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin gangguan ini akan membuat kamu benar-benar mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental, hingga menghambat aktivitas esok hari. Tentu kamu tak ingin bukan mengandalkan obat tidur sebagai cara mengatasi insomnia?

Belum lagi sifat obat tidur yang cukup keras dan harus menggunakan resep dari dokter. Jika terus menerus mengonsumsinya, kamu bisa tidur tapi beresiko mengalami gangguan penyakit lain bukan? Padahal, ada beberapa cara alami yang cukup efektif loh untuk mengatasi gangguan tidur. Dan pastinya cara ini sangat baik untuk bagi kesehatan. Nah, ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur? Perhatikan cara alami dan sederhana di bawah ini!

Cara Efektif yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Insomnia

Berikut ini ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Membaca Buku

Pernahkah ketika sedang membaca buku tiba-tiba merasa mengantuk dan tertidur? Membaca buku memang bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukannya sebelum tidur agar kamu mudah terlelap.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya mandilah menggunakan air hangat sebelum beranjak tidur. Tujuannya adalah membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Jika ingin lebih menenangkan, tambahkan wewangian sebagai aroma terapi.

3. Hindari Beraktifitas Di Kasur

Apakah sehari-hari kamu sering beraktifitas di atas kasur? Walaupun tidak  tidur, tapi beraktifitas di kasur akan membuat otak terbiasa berpikir tentang hal apa yang harus ia lakukan. Inilah penyebab mengapa sebisa mungkin kamu harus berusaha menjauhi kasur. Jadikan kasur hanya sebagai tempat istirahat dan tempat untuk tidur.

4. Lakukan Relaksasi

Kunci untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang. Maka sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang memicu relaksasi. Contohnya seperti melakukan meditasi, yoga, mindfulness, hingga melatih pernafasan. Langkah tersebut cukup efektif untuk dijadikan aktifitas dalam mengistirahatkan otak.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat juga merupakan cara mudah yang dapat dilakukan. Sebaiknya pilihlah susu murni yang mengandung magnesium dan efektif dalam merilekskan pikiran. Hindari juga minum susu tinggi gula yang justru memperburuk kesehatan.

6. Batasi Jam Makan Malam

Tahukah kamu bahwa makan malam dalam jumlah besar dan mendekati waktu tidur bisa menyebabkan insomnia? Maka dari itu, sebaiknya batasi jam makan malam kamu sekitar 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Karena tidur dalam keadaan kenyang bisa berakibat naiknya asam lambung. Tentunya hal ini akan membuat kamu mudah terbangun dimalam hari dan mengurangi kualitas tidur.

7. Jauhkan Segala Peralatan Elektronik

Masih sering menonton TV atau bermain handphone sebelum tidur? Mulai sekarang sebaiknya jauhkan aktifitas buruk tersebut. Karena suara dan cahaya yang dihasilkan peralatan tersebut, bisa merangsang otak menjadi lebih aktif. Bukannya mengantuk, justru otak akan lebih terjaga dan membuat kamu tidak bisa tidur.

Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi insomnia dimalam hari? Karena membiarkan terjaga saat malam secara terus-terusan bisa berakibat buruk loh. Oleh karenanya, segeralah atasi gangguan tidur dengan cara cara di atas. Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yakni hindari pemicu stres yang bisa mempengaruhi kualitas tidur. Nah, yuk segera coba cara tersebut dan dapatkan tidur yang lebih nyenyak!

Baca Juga:
Sering Emosi Selama Puasa, Atasi Dengan 6 Cara Ini

Sering Emosi Selama Puasa, Atasi Dengan 6 Cara Ini

Kesehatan      

20 Mei 2020 | 280 Kak Min


Puasa bukan hanya sekedar menahan rasa lapar dan dahaga saja. Puasa juga mengharuskan kita untuk mampu mengendalikan hawa nafsu atau amarah. Biasanya, emosi memuncak saat puasa terjadi ...

Jangan Tertipu! Ini Cuma Ilusi Optik Ya

Jangan Tertipu! Ini Cuma Ilusi Optik Ya

Mancanegara      

15 Nov 2020 | 240 Kak Min


Aghil - Pernahkah kamu melihat sebuah objek yang berbeda dengan kenyataannya? Hal ini biasa disebut dengan ilusi optik. Sebuah foto tersebut dapat membuat mata kita tertipu. Ilusi optik ...

2 Menu Kreasi Ayam untuk Sahur dan Berbuka

2 Menu Kreasi Ayam untuk Sahur dan Berbuka

Kuliner      

18 Mei 2020 | 305 Kak Min


Daging ayam menjadi salah bahan makanan yang mudah dikreasikan menjadi beragam sajian yang tentunya menggugah selera. Untuk mendapatkan hidangan ayam yang nikmat, ternyata tak perlu ...

Cara Orang Tua Milenial Mendidik Anak di Masa Kini, Seperti Apa?

Cara Orang Tua Milenial Mendidik Anak di Masa Kini, Seperti Apa?

Nasional      

9 Jun 2020 | 328 Agus FZ


Menjadi orang tua milenial bukanlah hal yg mudah. Bahkan, banyak yang setuju bahwa tantangan orang tua di jaman sekarang lebih besar dan sulit. Hal ini karena perkembangan jaman & ...

Kondisi Terkini Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar Setelah Kecelakaan di Tol

Kondisi Terkini Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar Setelah Kecelakaan di Tol

Nasional      

12 Agu 2021 | 366 Agus FZ


Kondisi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Miftachul Akhyar baik-baik saja usai mengalami kecelakaan di Tol Semarang-Salatiga. Dari informasi yang sudah menjenguknya yang bersangkutan ...

5 Tips Agar Khusyuk Saat Ramadan Meski Di Rumah Aja

5 Tips Agar Khusyuk Saat Ramadan Meski Di Rumah Aja

Religi      

23 Mei 2020 | 243 Kak Min


Dengan adanya wabah seperti Covid-19 ini, umat Islam tengah bersedih. Hal ini karena virus Corona ini membatasi aktivitas ibadah di luar rumah. Meskipun demikian, kekhusyukan dalam ...