Tryout.id

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

3 Jun 2020  |  371x | Ditulis oleh : Agus FZ
Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Sulit tidur nyenyak dan hampir selalu terjaga dimalam hari? Mungkin kamu mengalami insomnia alias gangguan tidur. Padahal jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin gangguan ini akan membuat kamu benar-benar mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental, hingga menghambat aktivitas esok hari. Tentu kamu tak ingin bukan mengandalkan obat tidur sebagai cara mengatasi insomnia?

Belum lagi sifat obat tidur yang cukup keras dan harus menggunakan resep dari dokter. Jika terus menerus mengonsumsinya, kamu bisa tidur tapi beresiko mengalami gangguan penyakit lain bukan? Padahal, ada beberapa cara alami yang cukup efektif loh untuk mengatasi gangguan tidur. Dan pastinya cara ini sangat baik untuk bagi kesehatan. Nah, ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur? Perhatikan cara alami dan sederhana di bawah ini!

Cara Efektif yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Insomnia

Berikut ini ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Membaca Buku

Pernahkah ketika sedang membaca buku tiba-tiba merasa mengantuk dan tertidur? Membaca buku memang bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukannya sebelum tidur agar kamu mudah terlelap.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya mandilah menggunakan air hangat sebelum beranjak tidur. Tujuannya adalah membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Jika ingin lebih menenangkan, tambahkan wewangian sebagai aroma terapi.

3. Hindari Beraktifitas Di Kasur

Apakah sehari-hari kamu sering beraktifitas di atas kasur? Walaupun tidak  tidur, tapi beraktifitas di kasur akan membuat otak terbiasa berpikir tentang hal apa yang harus ia lakukan. Inilah penyebab mengapa sebisa mungkin kamu harus berusaha menjauhi kasur. Jadikan kasur hanya sebagai tempat istirahat dan tempat untuk tidur.

4. Lakukan Relaksasi

Kunci untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang. Maka sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang memicu relaksasi. Contohnya seperti melakukan meditasi, yoga, mindfulness, hingga melatih pernafasan. Langkah tersebut cukup efektif untuk dijadikan aktifitas dalam mengistirahatkan otak.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat juga merupakan cara mudah yang dapat dilakukan. Sebaiknya pilihlah susu murni yang mengandung magnesium dan efektif dalam merilekskan pikiran. Hindari juga minum susu tinggi gula yang justru memperburuk kesehatan.

6. Batasi Jam Makan Malam

Tahukah kamu bahwa makan malam dalam jumlah besar dan mendekati waktu tidur bisa menyebabkan insomnia? Maka dari itu, sebaiknya batasi jam makan malam kamu sekitar 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Karena tidur dalam keadaan kenyang bisa berakibat naiknya asam lambung. Tentunya hal ini akan membuat kamu mudah terbangun dimalam hari dan mengurangi kualitas tidur.

7. Jauhkan Segala Peralatan Elektronik

Masih sering menonton TV atau bermain handphone sebelum tidur? Mulai sekarang sebaiknya jauhkan aktifitas buruk tersebut. Karena suara dan cahaya yang dihasilkan peralatan tersebut, bisa merangsang otak menjadi lebih aktif. Bukannya mengantuk, justru otak akan lebih terjaga dan membuat kamu tidak bisa tidur.

Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi insomnia dimalam hari? Karena membiarkan terjaga saat malam secara terus-terusan bisa berakibat buruk loh. Oleh karenanya, segeralah atasi gangguan tidur dengan cara cara di atas. Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yakni hindari pemicu stres yang bisa mempengaruhi kualitas tidur. Nah, yuk segera coba cara tersebut dan dapatkan tidur yang lebih nyenyak!

Baca Juga:
Koalisi Para Penipu

Koalisi Para Penipu

Nasional      

26 Agu 2021 | 229 Agus FZ


Mereka sudah bertemu. Para penipu rakyat itu sudah saling berangkulan erat. Untuk mematangkan kerja sama yang lebih spektakuler lagi. Yaitu, memperpanjang penipuan terhadap rakyat. Atau, ...

Cara Menguatkan Sinyal 4G Manual Tanpa Aplikasi

Cara Menguatkan Sinyal 4G Manual Tanpa Aplikasi

Tips      

30 Mei 2020 | 464 Agus FZ


Diera milenial seperti saat ini, internet merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian masyarakat, karena saat ini berbisnis, cari teman, hiburan, bahkan pendidikan sudah sangat membutuhkan yang ...

Berbuka Puasalah dengan Air Kelapa, Ini Manfaatnya

Berbuka Puasalah dengan Air Kelapa, Ini Manfaatnya

Kesehatan      

18 Mei 2020 | 351 Kak Min


Salah satu kenikmatan di Bulan Ramadhan adalah saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa, dianjurkan untuk mengkonsumi hal yang manis untuk mengembalikan energi pada tubuh. Salah satu yang ...

Rasa Kecewa dan Harapan Calon Jemaah Haji Tahun 2020

Rasa Kecewa dan Harapan Calon Jemaah Haji Tahun 2020

Nasional      

8 Jun 2020 | 389 Agus FZ


Kementrian Agama sudah memutuskan bahwa Jemaah haji tahun 2020 ini dibatalkan berangkat, salah satu faktor pembatalan itu karena tidak adanya kepastian dari Arab Saudi, sehingga dari ...

jual fitting

Jual Fitting Berbagai Bentuk dan Bermutu

Tips      

15 Feb 2021 | 447 Agus FZ


Fitting atau istilah mudahnya adalah sambungan-sambungan pipa, bentuk, bahan dan ukurannyapun sangat variatif ada yang kecil ada yang besar ada yang terbuat dari pvc besi alumunium dan ...

Solusi Aman Mengatasi Masalah WC Penuh dan Wastafel Buntu

Solusi Aman Mengatasi Masalah WC Penuh dan Wastafel Buntu

Tips      

18 Maret 2021 | 397 Agus FZ


Apakah anda pernah mengalami wc dirumah anda mampet atau wastafel buntu? mungkin sudah bukan hal aneh lagi bagi kita menemui hal-hal yang menyebalkan seperti itu. Apalagi jika wc kita ...