rajabacklink

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

3 Jun 2020  |  152x | Ditulis oleh : Agus FZ
Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Sulit tidur nyenyak dan hampir selalu terjaga dimalam hari? Mungkin kamu mengalami insomnia alias gangguan tidur. Padahal jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin gangguan ini akan membuat kamu benar-benar mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik dan mental, hingga menghambat aktivitas esok hari. Tentu kamu tak ingin bukan mengandalkan obat tidur sebagai cara mengatasi insomnia?

Belum lagi sifat obat tidur yang cukup keras dan harus menggunakan resep dari dokter. Jika terus menerus mengonsumsinya, kamu bisa tidur tapi beresiko mengalami gangguan penyakit lain bukan? Padahal, ada beberapa cara alami yang cukup efektif loh untuk mengatasi gangguan tidur. Dan pastinya cara ini sangat baik untuk bagi kesehatan. Nah, ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur? Perhatikan cara alami dan sederhana di bawah ini!

Cara Efektif yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Insomnia

Berikut ini ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Membaca Buku

Pernahkah ketika sedang membaca buku tiba-tiba merasa mengantuk dan tertidur? Membaca buku memang bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukannya sebelum tidur agar kamu mudah terlelap.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya mandilah menggunakan air hangat sebelum beranjak tidur. Tujuannya adalah membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Jika ingin lebih menenangkan, tambahkan wewangian sebagai aroma terapi.

3. Hindari Beraktifitas Di Kasur

Apakah sehari-hari kamu sering beraktifitas di atas kasur? Walaupun tidak  tidur, tapi beraktifitas di kasur akan membuat otak terbiasa berpikir tentang hal apa yang harus ia lakukan. Inilah penyebab mengapa sebisa mungkin kamu harus berusaha menjauhi kasur. Jadikan kasur hanya sebagai tempat istirahat dan tempat untuk tidur.

4. Lakukan Relaksasi

Kunci untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang. Maka sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang memicu relaksasi. Contohnya seperti melakukan meditasi, yoga, mindfulness, hingga melatih pernafasan. Langkah tersebut cukup efektif untuk dijadikan aktifitas dalam mengistirahatkan otak.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat juga merupakan cara mudah yang dapat dilakukan. Sebaiknya pilihlah susu murni yang mengandung magnesium dan efektif dalam merilekskan pikiran. Hindari juga minum susu tinggi gula yang justru memperburuk kesehatan.

6. Batasi Jam Makan Malam

Tahukah kamu bahwa makan malam dalam jumlah besar dan mendekati waktu tidur bisa menyebabkan insomnia? Maka dari itu, sebaiknya batasi jam makan malam kamu sekitar 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Karena tidur dalam keadaan kenyang bisa berakibat naiknya asam lambung. Tentunya hal ini akan membuat kamu mudah terbangun dimalam hari dan mengurangi kualitas tidur.

7. Jauhkan Segala Peralatan Elektronik

Masih sering menonton TV atau bermain handphone sebelum tidur? Mulai sekarang sebaiknya jauhkan aktifitas buruk tersebut. Karena suara dan cahaya yang dihasilkan peralatan tersebut, bisa merangsang otak menjadi lebih aktif. Bukannya mengantuk, justru otak akan lebih terjaga dan membuat kamu tidak bisa tidur.

Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi insomnia dimalam hari? Karena membiarkan terjaga saat malam secara terus-terusan bisa berakibat buruk loh. Oleh karenanya, segeralah atasi gangguan tidur dengan cara cara di atas. Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yakni hindari pemicu stres yang bisa mempengaruhi kualitas tidur. Nah, yuk segera coba cara tersebut dan dapatkan tidur yang lebih nyenyak!

Baca Juga:
Persiapan Lebaran, Ini 3 Cara Membuat Lontong Daun Pisang

Persiapan Lebaran, Ini 3 Cara Membuat Lontong Daun Pisang

Kuliner      

19 Mei 2020 | 144 Kak Min


Lontong menjadi salah satu hidangan yang paling umum ditemukan saat lebaran. Biasanya dihidangkan bersama dengan opor ayam dan rendang. Bagi Anda yang masih bingung untuk membuat lontong, ...

Kecewa Karena Diselingkuhi, Wanita Ini Kirim 1 Ton Bawang Merah Ke Rumah Mantannya

Kecewa Karena Diselingkuhi, Wanita Ini Kirim 1 Ton Bawang Merah Ke Rumah Mantannya

Mancanegara      

20 Mei 2020 | 360 Kak Min


Suka dan duka pasti ada pada kehidupan asmara kita. Apalagi, hubungan tersebut sudah dijalani dengan waktu yang lama. Namun, terkadang hubungan asmara tak selalu dapat ...

Paru-Paru Tetap Sehat Selama Pandemi, Ini Tipsnya

Paru-Paru Tetap Sehat Selama Pandemi, Ini Tipsnya

Kesehatan      

20 Mei 2020 | 108 Kak Min


Pada saat pandemi virus Corona seperti ini, hal yang paling utama adalah menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi pada bagian paru-paru sebagai alat pernafasan kita. Memiliki paru-paru ...

Berikut Jam Tidur Ideal Berdasarkan Usia Seseorang

Berikut Jam Tidur Ideal Berdasarkan Usia Seseorang

Kesehatan      

28 Nov 2020 | 12 Kak Min


Aghil - Kebutuhan jam tidur orang berbeda-beda. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah usia seseorang. Jam tidur bagi bayi dan balita biasanya lebih banyak ...

Sering Minum Susu Sebelum Tidur? Ketahui Dampak Positif dan Negatifnya

Sering Minum Susu Sebelum Tidur? Ketahui Dampak Positif dan Negatifnya

Kesehatan      

23 Mei 2020 | 131 Kak Min


Bagi sebagian orang, minum susu sebelum tidur menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Hal ini dilakukan terutama pada orang-orang yang menginginkan untuk tumbuh lebih tinggi. Selain ...

Betapa Istighfar Membuat Hidup Tenang

Betapa Istighfar Membuat Hidup Tenang

Religi      

19 Agu 2020 | 118 Agus FZ


Istighfar yang artinya adalah ampunan, memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dosa-dosa kita diampuni dan ditutupi oleh Allah. Sebagai hambaNYA, kita sebagai manusia yang ...