rajabacklink

Al-qur’an dan Sains Menjelaskan Peristiwa Mengerikan Akan Terjadi Sebelum Hari Kiamat

16 Maret 2022  |  516x | Ditulis oleh : Agus FZ
Al-qur’an dan Sains Menjelaskan Peristiwa Mengerikan Akan Terjadi Sebelum Hari Kiamat

Potensi alam semesta ini berakhir akan sangat mungkin terjadi bila ditinjau dari sisi sains. Berdasarkan Al-qur’an, ini disebut sebagai kiamat.

Dalam buku Tafsir Ilmi “Kiamat dalam perspektif Al-qur’an dan Sains” yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-qur’an, Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan mengenai keadaan Bumi pada hari Kiamat.

Ada tanda-tanda yang bisa diamati oleh mata manusia sebelum terjadinya kiamat. Ilmuwan bahkan telah mengemukakan skema-skema yang terjadi seperti Bumi bertabrakan dengan planet lain atau hantaman asteroid dan sebagainya.

Apapun skema atau teori yang diungkap ilmuwan, terdapat kekacauan besar yang akan dialami oleh Bumi. Salah satunya ialah guncangan yang dahsyat yang terjadi di Bumi. Allah SWT berfirman:

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,” (QS Az-Zalzalah: 1-2)

Kata az-Zalzalah (guncangan yang dahsyat) adalah ism masdar (bentuk kata benda) dari zalzala – yuzalzilu – zalzalatan, yang mengguncangkan. Dengan demikian, az-zalzalah berarti guncangan.

Karena penyebutannya dalam Surah az-Zalzalah diikuti oleh maf’ul mutlaq, maka kata ini dimaknai sebagai guncangan hebat yang terjadi di seluruh penjuru Bumi.

Dalam Al-qur’an, kata ini dengan semua bentuk jadiannya disebut sebanyak 6 kali, dua kali di antaranya disebut dalam Surah az-Zalzalah ayat 1.

Ayat ini menerangkan bahwa peristiwa kiamat diawali dengan guncangan yang dahsyat yang meliputi seluruh Bumi. Fenomena gempa ini berbeda dengan yang selama ini terjadi, hanya bersifat lokal dan tidak menyeluruh ke seantero Bumi.

Peristiwa ini menjadi penanda yang mengingatkan manusia bahwa akhir kehidupan dunia telah datang, yang diikuti kemudian oleh kehidupan akhirat.

Sebagian ulama membagi kiamat menjadi dua, yaitu kiamat besar (al-qiyamah al-kubra) dan kiamat kecil (al-qiyamah as-sugra).

Dalam pengertiannya sebagai kiamat besar, kedatangan kiamat adalah niscaya. Saatnya pasti akan tiba dan tidak ada keraguan tentang kedatangannya. Allah SWT berfirman:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

“Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya, dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur,” (QS Al-Hajj: 7)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa kiamat (as-sa’ah) pasti akan terjadi. Saat itu semua yang ada di alam raya akan hancur, rusak dan binasa. Tidak ada satu pun yang tetap utuh.

Sementara kiamat kecil ialah peristiwa kematian manusia secara individual. Ketika seseorang meninggal, saat itu dapat dikatakan bahwa dia telah mengalami kiamat kecil dan semua makhluk hidup pasti akan mengalami kematian.

Sebagian pakar berpendapat bahwa kiamat kecil tidak hanya menimpa manusia, tetapi juga benda-benda di alam raya. Kehancuran berskala kecil seperti gempa Bumi, gunung meletus, banjir dan lainnya juga termasuk kiamat kecil.

Yang demikian karena peristiwa ini menimbulkan kerusakan di lokasi kejadian. Kiamat kecil seperti ini adakalanya terjadi karena faktor alamiah yang tidak dapat dihindarkan atau karena perbuatan manusia.

 

Baca Juga:
Belajar Tentang Islam untuk Semua Usia Golongan Sampai Ajal Menjemput

Belajar Tentang Islam untuk Semua Usia Golongan Sampai Ajal Menjemput

Religi      

27 Jan 2022 | 440 Agus FZ


Terutama kepada para pejabat, aparat pemerintah belajarlah tentang Islam. Ketidakpahaman kalian tentang ajaran Islam sungguh sangat nampak dari pernyataan-pernyataan kalian. ...

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Insomnia Mengganggu Jadwal Tidurmu ? Coba Lakukan Hal Ini untuk Atasi Insomnia

Kesehatan      

3 Jun 2020 | 723 Agus FZ


Sulit tidur nyenyak dan hampir selalu terjaga dimalam hari? Mungkin kamu mengalami insomnia alias gangguan tidur. Padahal jika dibiarkan berlanjut, bukan tidak mungkin gangguan ini akan ...

Kuliah di Luar Negeri  Dokumen Harus Diterjemahkan Oleh Penerjemah Tersumpah

Kuliah di Luar Negeri Dokumen Harus Diterjemahkan Oleh Penerjemah Tersumpah

Kampus      

17 Maret 2022 | 457 Agus FZ


Dokumen resmi sekolah sangat penting seperti ijazah atau nilai akhir sekolah yang dari bahasa Indonesia, tujuan penggunaan dokumen tersebut salah satunya adalah untuk persyaratan melengkapi ...

Aplikasi Penghilang Jenuh dan Suntuk

Aplikasi Penghilang Jenuh dan Suntuk

Nasional      

18 Sep 2020 | 881 Agus FZ


Aplikasi streaming di jaman sekarang ini sedang banyak digandrungi oleh pengguna internet atau biasa kita sebut netizen, apalagi saat pandemi sekarang ini, kegiatan banyak dibatasi, bahkan ...

Karma Itu Bisa Datang Kepada Siapa Saja yang Melakukan Kejahatan!

Karma Itu Bisa Datang Kepada Siapa Saja yang Melakukan Kejahatan!

Nasional      

16 Des 2021 | 571 Agus FZ


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, orang jahat bisa terbebas dari jerat hukuman dengan beragam cara menyiasatinya. ...

Kisah Sahabat Rasullullah Abu Bakar Ash-Shiddiq yang Tak Mau Terima Gaji Saat Jadi Khalifah

Kisah Sahabat Rasullullah Abu Bakar Ash-Shiddiq yang Tak Mau Terima Gaji Saat Jadi Khalifah

Religi      

19 Mei 2020 | 747 Kak Min


Setelah Rasulullah SAW wafat, umat Muslim saat itu mendaulat sahabat Rasulullah yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq sebagai khalifah pengganti Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Abu Bakar menjadi ...